MASIGNCLEAN101

Ternyata ini Dia 5 Cara Facebook Menghancurkan Hidupmu

Assalamualaikum wr.wb
Selamat datang kembali sobat, mungkin sobat semua udah pada tau dong apa itu Facebook? iya Facebook itu lo? yang sering kita gunakan untuk chat, buat status, atau komentar kan sobat? bahkan sayapun sampai sekarang masih memakainya? iya dong biar kekinian katanya hehehe... 

Facebook ternyata didunia sudah mendapat peringkat ke 3 didunia loh setelah Google dan Youtube. Bahkan penggunanya pun telah mencapai angka 2 Miliar di seluruh dunia, hebat bukan? bahkan diindoneia pun sudah mencapai angka 100 juta lebih. WOW sangat fantastis bukan sobat? bahkan negara kita ini menduduki peringkat ke 3 sebagai negara penguna Facebook terbanya didunia. Bahkan angka tersebut akan bertambah banyak kedepanya Sobat?



Semakin populernya Facebook tersebut, apakah Facebook bermanfaat bagi kehidupan kita sobat? Apakah semakin baik? ataukah sebaliknya? Tidak ada data yang pasti mengenai pertanyaan tersebut, tapi kita bisa merasakan dampaknya berada di sekitar kita loh sobat?

Hemm tapi denger" katanya Facebook juga bisa menghancurkan hidupmu lo sobat? kok bisa ya padahal ane sendiri udah make Facebook selama 6 tahun loh, iya dari jaman saya SD dulu malahan sobat hehehe... 

Padahal selama ini ya sobat, saya sering menggunakan Facebook selalu mendapatkan manfaat yang positive terus tuh? diantaranya sebagai media komunikasi jika ada yang kumpul seperti acara saya ini yang selalu banyak kegiatan seperti pramuka, bahkan ketika ingin mengetahui kabar dari temen maupun ingin mengetahui tugas sekolah pun selalu menggunakan Facebook nih sobat (soalnya kalau telvon temen mesti nggak diangkat sih. hehehe...)? 

penggunaan hal positive facebook

Tetapi terkadang saya juga pernah merasakan hal negatif yang berada disekitar saya ketika melihat teman-teman saya menggunakan Facebook, Secara bertahap kepribadian mereka berubah, yang biasanya aktif bicara nggak jelas menjadi pendiam yang selalu memegang handpone dan terkadang membuat status yang aneh di Facebook

Dan ternyata pendapat saya pun sama seperti artikel yang pernah saya baca, yaitu artikelnya Mas Sugeng yang membahas topik mengenai bahaya Facebook, dan apa saja sih kerugianya atau dampak negatifnya? dan mari kita klasifikasi bersama-sama sobat :

1. Membuat Ketagihan dan Sulit Dihentikan


Mungkin banyak yang tidak menyangka kalau Facebook sebenernya sama seperti Narkoba, bisa membuat ketagihan dan sulit untuk dihentikan.

Facebook memang sengaja dibuat supaya penggunanya menjadi ketagihan. Alasannya karena penghasilan utama Facebook adalah dari iklan.

Semakin lama seorang mengakses Facebook, semakin banyak pula iklan yang dilihat. Semakin banyak iklan yang dilihat, semakin banyak uang yang Facebook dapatkan.

Bagi facebook sendiri tentunya menjadi keuntungan besar, karena uang mereka menjadi semakin banyak, tapi bagi penggunanya, apakah ada manfaat yang didapatkan dari berlama-lama mengakses facebook?

2. Membuang Waktu Berharga


Bukan maanfaat yang kita dapatkan, dari ketagihan facebook tersebut justru dapat merugikan kita sendiri.

Salah satu kerugiannya adalah waktu berharga kita menjadi terbuang sia-sia hanya untuk berlama-lama di facebook tanpa maksud dan tujuan yang jelas.

Waktu yang seharusnya digunakan untuk hal-hal produktif malah dihabiskan hanya untuk sekedar baca status, like status, komen status, stalking facebook orang, dll.
 
3. Menimbulkan Rasa Depresi


Pengguna facebook umumnya hanya menampilkan sisi baik dari kehidupannya dan menyembunyikan sisi jeleknya di facebook. Hal tersebut membentuk keyakinan di dalam benak pengguna kalau teman-teman mereka di facebook memiliki kehidupan yang lebih bahagia dan lebih indah.

Contohnya pengguna facebook yang jomblo. Ketika mereka melihat pasangan yang meng-upload foto mesra di facebook, mereka langsung merasa depresi berat dan merasa menjadi jomblo paling ngenes di dunia. Padahal sebenernya di luar sana banyak sekali jomblo-jomblo bahagia, hanya saja mereka tidak menghabiskan waktunya di facebook.

4. Menjadi Narsis dan Suka Pamer


Dari rasa depresi tersebut mulailah muncul sifat narsis dan suka pamer dari para pengguna facebook.

Mereka mulai senang memposting segala aspek dari kehidupannya di facebook. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi semuanya mereka dokumentasikan di facebook.

Tidak lupa setiap mereka membeli barang-barang baru mereka langsung mempostingnya di facebook.

Sifat ini muncul karena mereka ingin mendapatkan pengakuan bahwa kehidupannya juga bahagia dan indah seperti teman-temannya di facebook.

5. Menurunkan Kemampuan Berkomunikasi


Ketika pengguna facebook sudah mulai kecanduan, mereka menjadi malas bersosialisasi di dunia nyata. Akibatnya kemampuan berkomunikasi mereka menjadi berkurang.

Hal ini cukup mengkhawatirkan, khususnya bagi pengguna facebook usia anak dan remaja. Waktu yang seharusnya dipakai untuk belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak dihabiskan bersama teman-teman di facebook yang biasanya hanya membahas sesuatu yang tidak penting.

Terus harus bagaimana?

Facebook sebenernya tidaklah buruk, yang membuatnya buruk adalah bagaimana cara kita menggunakannya. Banyak kok manfaat yang bisa didapatkan dari facebook selama kita menggunakannya dengan cara yang benar.

Dampak buruk yang sudah saya tulis di atas hanya akan terjadi jika kita menggunakan facebook secara berlebihan tanpa maksud dan tujuan yang jelas.


Oke sobat bagaimana, mungkin kata-kata diatas menyinggung ya? tetapi saya hanya mengingatkan lo sobat karena saya sendiri pun seperti itu, hanya saja kita harus selalu menggunakan Facebook pada waktu luang, ataupun ketika perlu saja, jangan malah kita membantah orang tua atau melalaikan tugas sekolah karena ingin chat atau sekedar buat Status di facebook hanya untuk menuai sensasi.

Oke sekian dari saya jangan lupa semangat terus ya sobat. Terima kasih telah membaca artikel ini sobat, jangan lupa share ya biar banyak orang tau bahwa waktu itu sangatlah berharga.. Oke sobat... :)
Wassalamualaikum wr.wb
Share This :
Zet Tube

Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain Oke sobat :)