Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console
Saturday, June 17, 2017
Assalamualikum wr.wb
Selamat datang di Argilang Informasi kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console. Dahulu nama Google Search Console adalah Webmaster Tools, tetapi tidak ada perubahan didalamya jadi sama saja dengan yang dahulu.

Kenapa kok kita harus mendaftarkan blog kita ke Google Search Console? Karena agar cepat terindex oleh pencarian Google. Ya taulah Google merupakan Mesin Pencarian No.1 Dijagat Internet Dunia Ini. jadi agar Blog kita Cepat Populer Haruslah Terindex Oleh Google Search Console.

Yang perlu anda lakukan adalah login ke Google Search Console dengan menggunakan akun gmail Anda lalu daftarkan blog Anda disana. Setelah mendaftarkan blog, Anda akan dipandu untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat blog Anda lebih sehat. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan melalui Google Search Console :

1. Submit sitemap blog Anda ke Google index
Sitemap disebut juga dengan peta situs, yaitu daftar isi yang menerangkan apa saja konten dari blog Anda. Gunakan Google Search Console dan submit sitemap blog Anda ke Google index. Dengan cara itu, Anda telah membantu mesin perayap (Crawler) Google bekerja dengan lebih efisien. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa Google mengetahui semua halaman dari blog Anda.


2. Mencari keyword potensial untuk blog Anda
Setelah memastikan bahwa Google dapat merayapi blog Anda, masih dengan menggunakan Google Search Console Anda dapat melihat keyword apa saja yang membuat halaman blog Anda muncul di hasil pencarian Google. Dengan demikian Anda dapat mengetahui keyword apa saja yang potensial untuk meningkatkan traffic blog Anda. Setelah mengetahui keyword-keyword potensial tersebut Anda dapat mengoptimalkannya dengan membuat konten atau artikel yang berkualitas menggunakan keyword potensial tersebut. Atau juga mengedit artikel yang sudah ada agar lebih optimal.

3. Memperbaiki halaman yang tidak dapat diakses oleh Google
Jika Google menemukan halaman yang tidak bisa diakses (misalnya page not found) maka di Google Search Console Anda  akan mendapatkan pemberitahuan halaman-halaman mana saja yang tidak dapat diakses oleh Google. Berdasarkan pengalaman, entah dari mana datangnya, selalu ada saja error page not found pada blog. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan redirect halaman yang error page not found tersebut ke halaman lainnya di blog Anda. Caranya masuk ke dashboard blogger, pilih menu Setting > Seacrh Preferences > Custom Redirect. Buatlah redirect halaman sebanyak halaman yang error page not found.


4. Menentukan lokasi target pemasaran blog

Melalui Google Search Console Anda dapat menentukan lokasi mana yang menjadi target pemasaran blog Anda. Untuk blog berbahasa Indonesia pilihlah Negara Indonesia sebagai target.  Begitu juga sebaliknya, jika blog Anda berbahasa Inggris misalnya, bisa di setting target ke Amerika Serikat, Inggris dan sebagainya.


5. Memperbaiki Struktur Data Blog
Struktur data pada sebuah blog bisa dikatakan sebagai alat kelengkapan yang akan menentukan identitas atau ciri dari blog. Misalnya komponen Author menyatakan orang/pihak yang menjadi author dari sebuah blog. Untuk memeriksa struktur data dari blog Anda, silakan masuk ke menu Structure Data Testing di Google Search Console. Lakukan perbaikan jika ditemukan ada kesalahan/error pada struktur data blog Anda.


Lalu Bagaimana Cara memasangnya, Berikut adalah Langkah-langkah untuk mendaftarkan Blog kita ke Google Search Console :

Langkah-langkah Mendaftarkan Blog ke Google Search Console
  1. Silakan Kunjungi Website resmi Google Search Console
  2. Selanjutnya akan muncul menu Properti dan masukkan alamat website anda dan klik add properti
  3. Kemudian masuk ke Alternate Methods dan certang HTML Tag dan copy javascriptnya
  4. Kemudian Masuk ke Blog anda dan arahkan ke Template dan klik Edit HTML  dan cari <Head>
    lalu pastekan dibawahnya dan klik Simpan
  5. Lalu kembali Kehalaman Google Search Console dan klik Verify
  6. Selesai, Blog anda sudah terindex Oleh Google
Mudah Bukan, Demikianlah Tutorial singkat tentang Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console dengan mudah, Semoga Bermanfaat Terima Kasih.
Wassalamualikum wr.wb
Seorang yang lebih suka menyendiri dan tidak suka di keramaian, walaupun dunia ini luas tapi sendiri lebih nyaman.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • 0 Response to "Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console"

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
    Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain Oke sobat :)

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel