Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog

Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog

Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog
Wednesday, June 21, 2017
Assalamualaikum wr.wb
Selamat datang di blog saya, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat disclaimer untuk blog. Sebelum membuat disclaimer untuk blog, Anda harus paham dulu apa yang dimaksud dengan disclaimer dan apa pentingnya untuk blog Anda.

Jika Anda menjalankan blog hanya sebagai tempat curhat tanpa berniat monetize, maka disclaimer tidak ada gunanya. Tapi jika untuk tujuan komersial, hal ini penting. Apalagi jika peruntukannya untuk melamar jadi publiser di Google Adsense.

Selain privacy policy dan contact us, beberapa blogger juga membutuhkan disclaimer. Hal ini agar terlihat profesional saja. Walau pada dasarnya, ketika telah punya privacy policy dan contact us, itu sudah mewakili semuanya, apalagi kalau hanya sekedar blog.

Hampir semua website dan blog profesional akan mencantumkan disclaimer, privacy policy, TOS (Terms of Service) dan contact us. Bagian ini memang kadang kala tidak tertera secara jelas. Biasanya akan diletakkan disalah satu bagian dari blog atau website tersebut.


Disclaimer berbeda dengan privacy policy. Disclaimer berisi pernyataan bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam website atau blog tersebut semata-mata hanya sebagai informasi belaka dan pemilik atau pengelola tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat tersebut.

Terlepas dari itu semua, tak ada salahnya mencantumkan disclaimer di setiap blog yang kita kelola.

Lalu bagaimana cara membuat disclaimer?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuat disclaimer. Salah satunya dengan menulis sendiri. Namun, jika Anda tak ingin susah payah, ada cara mudah membuatnya.

Caranya hampir sama dengan membuat privacy policy yang telah diprakterkkan sebelumnya. Baca DiSINI. Tapi untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama-tama buka situs Privacy Policy Online. 
  2. Pada homepage klik Disclaimer Generator dibagian header.
  3. Halaman selanjutnya Anda diminta mengisi informasi utama blog Anda. 
  4. Your Site Title : Tulis nama blog atau website Anda 
    1. Your Site URL : Alamat blog Anda
    2. Contact Link : Laman contact us Anda
    3. Email Address : Email untuk menghubungi Anda
    4. Email Encryption: Ada tiga pilihan, mau tidak pakai Encryption, HTML atau JavaScript.
  5. Jika sudah mengisi semua informasi yang dibutuhkan silahkan klik Generate Disclaimer.  
  6. Anda sudah bisa melihat hasilnya. Silahkan copy disclaimer tersebut kedalam blog Anda. Jika penasaran dengan hasilnya, bisa diklik Preview Your Disclaimer.
Untuk memasangnya diblog, buatlah Halaman baru. Caranya seperti biasa. Masuk ke blogspot, pilih Halaman lalu Halaman Baru. Pada kanvas, rubah mode Compose menjadi HTML lalu paste script tadi kedalamnya. Beri judul Disclaimer dan publikasikan.

Kini blog Anda sudah memiliki privacy policy dan disclaimer serta contact us. Mudah bukan. Jika masih ada yang dirasa membingunkan, jangan lupa untuk berkomentar dan share ya. Terima Kasih.

Wassalamualaikum wr.wb
Seorang yang lebih suka menyendiri dan tidak suka di keramaian, walaupun dunia ini luas tapi sendiri lebih nyaman.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • 0 Response to "Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog"

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar atau berpendapat melalui form dibawah. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, link tidak akan ditampilkan, dan komentar yang mengandung unsur SARA tidak diperkenankan.
    Jadilah orang yang bijak dan bisa menghargai orang lain Oke sobat :)

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel